Kamis, 19 April 2012

salaman atau salim ?

Beginilah kalau bergabung dalam keluarga besar, dengan jumlah sepupu-sepupu yang banyaknya minta ampun

15 tahun bergabung, sampai saat ini saya belum hapal semua nama-nama sepupu-sepupu itu

Satu hal yang paling saya hapalkan adalah urutan hirarki, terutaman bulik dan paklik, bertemu beliau-beliau sudah pastilah salim, mencium punggung tangan dengan takzim

Kadang, saat bersalaman tangan saya yang ditarik dan dicium, ini artinya yang mencium tangan saya pasti posisinya adik sepupu

Sementara saya, untuk amannya saya lebih suka salamannya saja, amaaan.....

25 komentar:

  1. kalo dipdg cmn salaman doang nga ada tuh nyium2 punggung tangan

    BalasHapus
  2. Praktis ya, dijamin ngga kesalahan ya Mbak

    BalasHapus
  3. salim2 ntu aku nemunya dsini mak..kan si salim jga orng sini :p

    BalasHapus
  4. keluarga besar harus siap mengingat-ingat keponakan dan sepupu ... he he he ...

    BalasHapus

  5. mencium punggung tangan cuma buat ayah bunda dan kakek nenek hehhehe

    BalasHapus
  6. He he he, mbak Nova sekarang udah kenalan ya sama si Salim

    BalasHapus
  7. hari raya idul fitri tradisi salam salaman :)

    BalasHapus
  8. Bener banget Mas Hen, ada sih wacana membuat pohon silsilah keluarga, sayangnya baru sebatas wacana, dan saya sampai hari ini masih belum hapal juga nih

    BalasHapus
  9. hore salim dulu
    *nasib lahir dr anak bungsu :p

    BalasHapus
  10. Jadi inget kejadian lucu sama barudak, krn dibiasakan salim sama yg lebih tua..pas awal masuk sekolah..disuruh salam malah salim ..nyium punggung tangan gurunya...!!!
    Jd kalo sekarang suka bilang "kasih salam" atau "salim dulu" ..:D

    BalasHapus
  11. ​ƔŮůþss˚°º°"o˚ƔŮůþss.. Mas Catur, sepertinya ini soal kebiasaan lokal keluarga aja ya

    BalasHapus
  12. Bersalaman saling memaafkan ya Kang Zaki

    BalasHapus
  13. Sini Mbak Nova, kita salaman dulu yuk..... He he

    BalasHapus
  14. Salim mah kakaknya temen saya, dagang di Pasar DKA (yang mepet ke Gang Texan itu), nggak tau 'kan ya? :-D

    BTW enakan salaman memang. Semua disalamin dengan salaman, aman. Tapi tante perhatiin anak sekarang kalau salaman dengan cium tangan kok ngarahnya ke dahi ya, nggak ke hidung lagi? Kenapa tuh?

    BalasHapus
  15. Iya di Tapanuli juga biasa cium tangan hanya kepada orang tua, uwak dan kakek nenek.

    Risih banget kalo ketemu saudara2 si abah yang ternyata dianggap hirarkinya di bawah kita, apalagi kalo dia bapak2 yang udah punya anak, trus punggung tangan kita dicium, asli cium beneran pake kecup gitu, risiiih banget...

    Pertama suka gak mudeng juga, kadang yang lebih tua kok cium tangan kita...

    Soalnya kalo di sumatera dilihat dari umur, jadi misalnya:
    anakku umur 10 tahun, sedangkan anak adekku umurnya 12 tahun,

    ya anakku manggil anak adekku dengan sebutan kakak, karena memang dia yang lebih tua umurnya.

    Tapi di Jawa Barat ternyata tidak ya?
    Dilihat dari usia orang2 tua atau kakek neneknya, siapa yg lebih tua, otomatis biarpun usiaku 10 tahun lebih muda mereka tetap sajah manggil aku teteh/kakak.

    BalasHapus
  16. Iya kenapa ya ??

    Kalo anakku salaman, tangan si yang dihormati dibawa ke pipi.

    Tapi kalo salaman sama aku dan si abah mereka cium tangan... (✿◠‿◠)

    BalasHapus
  17. Iya nak, secara adat di kami demikian, orang muda pun kalau silsilahnya lebih tua daripada kita, akan kita panggil akang, ceuceu, teteh begitu. Sebaliknya orang tua kalau sisilahnya lebih muda, kita panggil ayi alias ade alias adik.

    BalasHapus
  18. hehehe...banyak banget yang mesti disalimin ya Hani ?

    BalasHapus
  19. hehehe, disana jadi aneh ya Teh Dewi
    makanya dibedakan istilahnya ya
    salam atau salim, biar anak-anak ngga bingung

    BalasHapus
  20. setuju Tante, salaman lebih aman ya
    Raihan dan Pandu sih kalo salim mencium punggung tangan saya
    kira-kira 5 detik baru dia lepas, bener-bener nyium tangan saya


    BalasHapus
  21. enaknya begitu kali ya Mbak

    di adat Jawa juga begitu Mbak, sesuai urutan orantuanya

    BalasHapus
  22. wah.. saya punya cerita nih.. adik saya masih duduk di kelas 2 smp, laki-laki, dia memanggil adik sepupu dengan nama saja terus adik perempuan saya menasehati bahwa sepupunya itu lebih tua usianya..
    adik saya yang laki-laki ini pun berbicara sama saya dia bilang "Teh, masa saya disuruh manggil Teh Anti ke si Anti.. harusnya dia yang manggil saya Aa ya Teh" saya manggut2.. bener bgd kata adik lelaki saya.. adik saya yang perempuan jadi ga pernah lagi nyuruh adik lelaki saya manggil sepupunya yang lebih tua dengan Aa dan Teteh... maklum bapak dan ibu saya anak paling tua jadi saya dan adik-adik saya itu termasuk kakak sepupu buat saudara-saudara yang lain.

    BalasHapus
  23. begitulah Teh Imas
    sebetulnya sebutan teh, mbak, mas, aa sebuah bentuk penghormatan ya
    kalau saya sih, ke semua sepupu ya panggil dengan sebutan itu, walaupun secara hierarki statusnya adik
    masalahnya kalau sepupu dari suami saya suka lupa, saking banyaknya, hehe

    BalasHapus
  24. kalo saya pilih salim sama yang lebih tua dan salaman kalo sama yang lebih muda.. tapi saya akui sih agak geli dan jarang saya salaman sama Mamang(om) saya yang usianya ga beda jauh,
    malahan saya punya Mamang yang lebih muda dari saya.. sekali pun seumur hidup saya belum pernah salim cium tangan hahahaha..
    saya pun manggil Mamang saya itu tetep Aa hehehehe.. (coz dia juga gamau dipanggil Mamang, kayak tukang baso katanya kalo Kang kayak Bapak-bapak, kalo Om ngedumel "emang gue punya tampang om-om" hahaha.. yaudah kami keponakannya pada manggil A+namanya ajah.. maklum masih merasa muda plus jejaka)
    tapi gara-gara gamau dengan panggilan Mamang dan Bibi inilah, kalo orang Banten jadi rada ga jelas hierarki keluarganya, dia adik atau ponakan jadi rancu.

    BalasHapus